Cara Membuat Cpanel dari WHM Root

Selamat datang di ayomabar.com selalu support saya agar berkembang. Pada waktu saat ini, saya akan membahas tentang Cara Membuat Cpanel dari WHM Root berharap bisa membantu kamu menambahkan wawasan.

Pada artikel ini saya akan memberikan tutorial cara membuat cpanel dari whm root dan menghubungkan domain melalui cloudflare secara gratis agar bisa membuat sebuah website yang anda inginkan.

Cpanel merupakan panel kontrol yang digunakan untuk melakukan pengaturan pada layanan web hosting. Tanpa Cpanel, pengaturan web hosting hanya bisa dilakukan melalui perintah teks. Cpanel memudahkan pengguna untuk melakukan berbagai macam konfigurasi melalui tampilan user interface yang menarik.

Cpanel biasanya dipasang pada Dedicated Server atau VPS yang menggunakan sistem operasi Linux, FreeBSD, dan sejenisnya. Aplikasi-aplikasi yang didukung cPanel meliputi Apache, PHP, mySQL, Postgres, Perl, Python, and BIND, dengan email seperti POP3, IMAP, layanan-layanan SMTP.

Cpanel tidak bisa lepas dari WHM dikarenakan kedua perangkat lunak ini adalah satu kesatuan. Hal ini dikarenakan Cpanel berjalan dibawah manajemen dari WHM. Jadi, di dalam sebuah WHM Anda dapat membuat beberapa akun cPanel. WHM bisa disebut sebagai halaman admin untuk cPanel.

Okke langsung ajah ikuti tutorial cara membuat cpanel dari whm root dan menghubungkan domain melalui cloudflare :

Langkah pertama Anda membuka WHM anda sendiri, kemudian masukan nama pengguna root dan masukan kata sandi yang anda buat dan klik masuk pada tombol warna biru. 

Setelah anda login akan tampill dasboard whm root seperti gambar di bawah ini.

Sebelum membuat cpanel dari whm root sementara kita membuat nameserver untuk menghubungkan domain ke cpanel menggunakan Cloudflare. Langkah awal Anda Harus membuka website nya dulu Cloudflare, setelah membuka website nya lansung klik “Sign Up”

Selanjutnya Anda masukan email dan password kemudian Klik Create Account pada tombol warna biru.

Selanjutnya Anda Klik Get started pada tombol warna biru.

Kemudian masukan nama domain yang anda ingginkan atau domain yang anda beli dan Klik Add site pada tombol warna biru. Jika anda belum mempunyai domain anda bisa langsung membuka artikel cara membeli domain di idwebhost  langsung ajh klik pada warna biru tersebut.

Selanjut anda klik dengan bacaan free pada $0 dan klik continue pada tombol warna biru.

Dan Klik Add record pada tombol biru.

Dengan membuat type = A Name = masukan nama domain anda IPv4 address = masukan ip whm anda  dan klik save pada tombol warna biru. Anda bisa melihat contoh seperti gambar di bawah ini.

Setelah anda save akan seperti gambar di bawah ini kemudian klik continue pada tombol biru untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah berikutnya Anda sudah berhasil membuat namesever untuk menghubungkan domain ke cpanel anda sendiri menggunakan cloudflare.

Selanjutnya saya membuka tempat membeli domain untuk mengatur nameserver dan DNS. Karna saya membeli domain di idwebhost saya langsung membuka idwebhost.com setelah masuk ke halama pertama idwebhost langsung ajah klik login. ehh sapa tau lu juga beli domain nya di idwebohst biar ikuti tutorial nya sama awkaokwakwoawkoawk.

Okk langsung masuk email dan password serta kode validasi kemudian klik masuk.

Nah setelah masuk ke dasboard idwebhost akan tampil seperti gambar di bawah ini langsung klik ajah pada bacaan domain yang ada jumlah angka nya yang berati anda telah membeli domain sebanyak itu.

Silahkan anda pilih domain yang anda ingin di jadikan cpanel atau sebuah website anda sendiri.

Selanjutnya Klik Nameserver, untuk mengganti Nameserver  menjadi namesever Cloudflare yang udah anda buat tadi.

Silahkan anda pilih gunakan nameserver lain dan masukan nameserver 1 dan nameserver 2 sesuai nameserver cloudflare yang anda buat dan klik ganti name server pada tombol warna biru.

Nah Jika berhasil merubah atau mengganti nameserver nya akan ada poup dengan bacaan perubahan berhasil di simpan selanjut nya anda merubah DNS dengan klik Kelola DNS seperti gambar di bawah ini.

Silahkan Anda masukan Name host = @  Jenis record = A (Adress) Alamat = masukan ipwhm anda sendiri sedangkan prioritas anda kosongkan dan Klik Simpan .

Nah jika berhasil merubah DNS akan ada poup dengan bacaan Berhasil melakukan perubahan DNS.

Sebelum membuat cpanel di whm anda harus mengubah atau menganti nameserver menjadi namesever cloudflare agar domain yang anda buat akan terhubung ke cpanel langsung ajah klik customize nameservers.

langsung masukan nameserver 1 dan nameserver 2 menjadi namesever cloudflare yang anda buat tadi dan klik Save Changes pada tombol warna biru.

Nah jika berhasil akan seperti gambar di bawah ini. setelah anda mengganti namesever selanjutnya klik logo gambar whm untuk kembali pada ke awal hehehehe.

Klik Create a New Account, seperti gambar dibawah ini.

Silahkan isi data – data sebagai berikut ini : 

  • Domain : silakan isikan dengan nama domain milik pelanggan Anda.
  • Username : biasanya username akan otomatis terisi setelah Anda mengisikan nama domain, Anda juga diperbolehkan untuk menggantinya.
  • Password : Masukan password sesuai yang Anda kehendaki.
  • Re-type Password : isikan ulang password Anda.
  • Strength : Paword yang anda buat benar benar kuat 
  • Email : masukan email pelanggan Anda
  • Di bagian Package, silakan isi paket hosting sesuai yang dipesan oleh pelanggan Anda.

Selanjutnya silakan ikuti seperti yang terlihat pada gambar di bawah, ini kemudian klik “Create” jika sudah.

Jika sudah selesai, maka akan muncul keterangan seperti pada gambar di bawah ini yang artinya bahwa akun hosting pelanggan Anda sudah dibuat dengan sempurna. 

Nah jika Anda berhasil membuat cpanel sambil menghubungkan domain dengan menggunakan nameserver cloudflare akan seperti di gambar di bawah ini yang berati anda berhasil membuat cpanel dari whm sambil menghubungkan domain yang anda inggikan menggunakan nameserver cloudflare.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *