✅ Ini Dia Robot Pemadam Kebakaran Milik Pemprov DKI Jakarta Seharga 37,4 Miliar

Selamat datang di ayomabar.com selalu bantu aku agar berkembang. Pada kesempatan saat ini, aku akan membahas berkenan ✅ Ini Dia Robot Pemadam Kebakaran Milik Pemprov DKI Jakarta Seharga 37,4 Miliar berharap bisa membantu kamu menambahkan wawasan.

Dinas Penanggulangan Kebakaran serta Penyelamatan( Gulkarmat) Pemprov DKI Jakarta dikala ini telah mempunyai robot mutahir Dok- Ing MVF- 5 U3 untuk pemadam kebakaran serta penyelamatan. Robot pemadam kebakaran ini dikendalikan dengan cara menggunakan remote jarak jauh.

Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Satriadi Gunawan berkata, sistem robotik multiguna berbasis remote akan digunakan untuk tanggap darurat. Robotik multiguna ini dihadirkan langsung dari negeri pembuatnya, Kroasia.” DKI Jakarta merupakan salah satunya provinsi di Indonesia yang mempunyai unit Dok- Ink MVF- 5 U3 ini,” ucapnya, Kamis( 13/ 2).

Robot pemadam kebakaran ini merupakan pengurai material kebakaran yang sudah dilengkapi dengan tangki air 2. 500 liter, 500 liter foam, serta pemancar air( nozzle). Robot ini dilengkapi juga dengan pompa yang sanggup menekan air di atas 15 bar sehingga sangat efisien saat melakukan pemadaman.

” Dok- Ink MVF- 5 U3 mampu menyemprotkan air murni sepanjang 55 m, bila dengan foam sepanjang 45 m,” terang Satriandi Gunawan lagi.

Dia juga menuturkan bahwa robotik dikendalikan dengan sistem remote control dengan radius 500 m. Sehingga, apabila kebakaran yang memiliki bahan- bahan beresiko ataupun kimia serta beracun, asap pekat cukup kendalikan robot dari ruang kendali.” Dengan robot ini, bisa mengurangi resiko yang didapat akibat api, bahan berbayaha, asap, ataupun reruntuhan gedung,” ucapnya.

Dalam demontrasi, ditunjukkan metode kerja robot Dok- Ing MVF- 5 U3 ialah dengan membuka serta mendorong tumpukan material ataupun bahan- bahan yang bertumpuk sekalian menyemprotkan air ke titik api yang tertutup.” Robot ini pula tahan ledakan dikala pemadaman kebakaran serta fungsi- fungsi pada unit tersebut tidak tersendat. Sehingga, proses pemadaman serta overhoul tidak sangat lama. Ini pasti mengefisiensi waktu serta biaya,” sebut Satriadi.

Unit ini juga sudah dilengkapi perlengkapan pencapit( gripper) serta perlengkapan penarik beban( seling). Sehingga bila di posisi kebakaran terdapat kendaraan ataupun barang berat hingga dengan 8 ton yang membatasi ataupun butuh dievakuasi bisa ditarik dengan seling untuk bisa dikeluarkan dari posisi kebakaran ataupun diletakan ke tempat yang lebih aman.

” Robotik bisa beroperasi pada posisi yang ekstrem dengan sudut kemiringan hingga 30 derajat. Roda unit terdiri atas tipe baja serta karet yang bisa disesuaikan kebutuhan. Bila melintas di jalur aspal bisa digunakan roda karet sehingga tidak mengganggu aspal serta roda baja digunakan pada keadaan tertentu,” urainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *