✅ Kemajuan Teknologi Modern Menyelamatkan UMKM

Selamat datang di ayomabar.com selalu bantu saya agar berkembang. Pada waktu saat ini, saya akan membahas berkenan ✅ Kemajuan Teknologi Modern Menyelamatkan UMKM semoga bisa membantu kamu menambahkan wawasan.

Efek pandemi covid-19 ini bukan hanya di sektor kesehatan saja, Keseharian masyarakat hingga perekonomian ikut terdampak mengakibatkan banyak kerugian. Oleh karena itu Pemerintah, masyarakat dan juga para pelaku usaha di tuntut untuk berinovasi.

Contohnya pada pelaku usaha kecil atau UMKM saat ini dituntut melakukan inovasi bukan dari jenis usahanya saja melainkan cara berjualan atau cara mempromosikan yang sesuai dengan masa-masa pandemi saat ini.

Kalangan industri usaha terus dituntut untuk melakukan inovasi dalam usahanya agar dapat bertahan dan bersaing di masa adaptasi kebiasaan baru serta era digital.

“Para pelaku UMKM perlu mempersiapkan solusi untuk akselerasi transformasi digital. Namun, UMKM tentunya tidak bisa bekerja sendirian demi mewujudkan digitalisasi. Perlu kolaborasi antar pihak, termasuk pemerintah dan penyedia layanan teknologi,” tulis Cisco dalam keterangan persnya, Jumat (6/11/2020).

Cisco Bantu UMKM Dengan Pelatihan Talenta Digital

cisco pelatihan digital

Cisco sebagai penyedia layanan teknologi, telah memiliki beberapa inisiatif, mulai dari pelatihan talenta digital, hingga di bidang teknologinya. Berikut, 3 cara agar UMKM bisa menemukan inovasi terbaru yang membawa hasil bisnis positif di kala memasuki masa adaptasi kebiasaan baru (AKB).

Sediakan Platform Komunikasi Virtual yang Tepat

Masa depan pekerjaan salah satunya memang bicara soal komunikasi virtual yang mumpuni antar tim. Sebuah unit usaha harus dapat memastikan karyawan memiliki alat digital yang mereka butuhkan untuk bekerja secara produktif dan aman, berkomunikasi dengan tanpa gangguan di mana pun mereka berada.

Membangun komunikasi untuk bekerja dari mana saja adalah tentang bagaimana tetap terhubung dengan tim dan bagaimana terus berkolaborasi dalam pekerjaan.

Melalui Cisco Webex misalnya, sebuah platform untuk melakukan rapat, koordinasi hingga kolaborasi secara virtual. Cisco Webex bisa digunakan hanya bermodal perangkat ponsel pintar pabrikan mana saja.

Dengan sifatnya yang luwes, maka dapat mendukung kegiatan perusahaan besar hingga kecil seperti UMKM dan perusahaan rintisan yang umumnya memiliki modal lebih terbatas.

Jaringan Keamanan Siber yang Kuat

Tentu saja, tidak ada tingkat inovasi bisnis kecil yang berhasil jika tidak aman. Terlebih, pelaku UMKM mengatakan, keamanan adalah prioritas nomor satu mereka. Hal ini tidak mengherankan. Pasalnya, hampir 50 persen dari semua serangan dunia maya ditujukan pada bisnis kecil.

Cisco memberikan sistem keamanan terbaik selama bisnis beroperasi. Salah satu fitur yang bisa digunakan adalah ketika meeting secara virtual. Cisco menggunakan metode Oauth (an open standard for access delegation). Artinya bisnis bisa menggunakan Cisco tanpa harus ‘mengorbankan’ privasi para karyawannya ketika mengakses hal-hal terkait pekerjaan.

Selain itu, penerapan secure software development lifecycle (SDLC), soal bagaimana Cisco mengembangkan sebuah produk dengan sistem keamanan terbaik. Jadi, pelaku bisnis atau UMKM tidak menaruh curiga mengenai produk-produk dari Cisco.

Tidak kalah penting adalah Cisco juga memberikan produk keamanan dengan transparan. Pasalnya, Cisco memang memiliki pihak ketiga yang mampu mengecek produk keamanan Cisco. Hal tersebut diterapkan sebagai komitmen Cisco untuk bersikap transparan mengenai keamanan dan privasi dalam produk yang dibuatnya.

Mengelola Data Bisnis sebagai Aset Berharga

Saat ini, data sering disebut sebagai aset yang paling berharga, bukan lagi soal tanah ataupun rumah, tapi ini soal data. Mengelola data menjadi penting bagi UKM agar bisnisnya dapat terorganisir dan aman, serta mampu bertahan di era transformasi digital.

Cisco misalnya, menawarkan solusi sistem penyimpanan konfigurasi secara router serta cloud yang dimiliki oleh Cisco Meraki. Seluruh perangkat Cisco Meraki terintegrasi via cloud dengan dashboard berbasis web yang mudah dikelola dan aman. Ditambah dengan fitur dan kontrol intuitif yang memudahkan pelaku bisnis untuk menghemat waktu, mengurangi biaya operasional, dan memecahkan masalah pada bisnis UMKM.

Selanjutnya, salah satu tantangan yang dihadapi bisnis di masa kini adalah melayani karyawan yang bekerja di lingkungan kantor maupun bekerja jarak jauh.

Penting bagi bisnis untuk memperoleh data langsung dari ruang-ruang kantor dan asetnya agar dapat mengelola kinerja dan pemeliharaan peralatan jaringan dengan lebih baik. Pelaku UMKM pun dapat mengelola data-datanya yang terpisah dan mengamankan nya sejak dari endpoint hingga menjadi insight. (sumber: beritasatu.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *