Cara Mudah Install WordPress di Google Cloud Platform

Selamat datang di ayomabar.com selalu bantu kami agar berkembang. Pada peluang saat ini, aku akan membahas berkenan Cara Mudah Install WordPress di Google Cloud Platform berharap bisa membantu kamu menambahkan wawasan.

Saat ini dengan kemudahan teknologi maka anda bisa untuk  menjalankan instalasi cara membuat situs WordPress dan SSL menggunakan Google Cloud Platform. Ada beberapa langkah yang harus anda lakukan saat akan membuat situs tersebut. Pasalnya untuk memahami bagaimana situs WordPress dan SSL ini memakai Google Cloud Platform ini maka akan semakin mudah dilakukan.

Pentingnya Menggunakan SSL dengan Google Cloud Platform

Adapun jika anda ingin mengamankan situs yang dimiliki maka anda harus memakai SSL tersebut sebagai keamanan. Dengan begitu situs yang anda kelola tentunya akan lebih baik dan bisa terlindungi secara aman. Agar bisa mengamankan data yang ada serta tingkat pengelolaan yang lebih baik lagi. inilah memahami kenapa harus ada SSL?

1. Terhindar Dari Pencurian Data

Keberadaan SSL yang terinstal dengan baik maka akan melingdungi anda dari ancaman data yang dicuri. Dengan melakukan tahapan enskripsi dengan baik dan benar pada pengelolaannya maka bisa dilakukan dengan mudah. Jika sebuah website bisa terlindungi dengan baik maka tidak bisa begitu saja dibuka atau diakses kerahasian datanya begitu saja.

Cara yang harus dijalanan yaitu dengan adanya enkripsi atau memakai pengacakan data yang sensitif. Dengan begitu tidak akan bisa terbaca data yang dimiliki, kemudian justru malah bisa mengamankan situs dengan cara yang tepat dan lebih baik lagi.

2.Menghindari Adanya Kesalahan Kirim Data

Keberadaan SSL ini tentunya sangat penting dan berguna, apalagi jika langsung masuk dan dihubungkan dengan Google Cloud Platform. Artinya akan lebih mudah lagi untuk bisa menghasilkan keamanan ganda bahkan ruang penyimpanan yang lebih baik. Pada dasarnya SSL ini dilakukan guna menghindari adanya data yang salah untuk dikirimkan.

Oleh karena itu, sangat penting memperhatikan penginstaan SSL dalam mengamankan sebuah situs. Tentunya akan lebih mudah apalagi dihubungkan dengan Google Cloud Platform yang ada. Jadi situs WordPress yang dimiliki akan tetap aman dari pengiriman data yang dilakukan karena adanya sistem automatic yang ada saat melakukan instalasi SSL tersebut.

3.Reputasi Website Meningkat

Ketika SSL berfungsi dan terinstal debgan baik maka akan ada notifikasi tertentu yang masuk. Biasanya pada internet eksporer data akan tertampil dengan wujud block warna hijau di addres bar. Kemudian untuk tampilan pada Google Crome serta Firefox akan ada ikon gembok terkunci yang terlihat di situs website. Artinya website tersebut telah terinstal SSL dan memiliki perlindungan data serta mendapatkan notifikasi.

Dengan adanya notifikasi inilah yang bisa dimanfaatkan oleh anda untuk meningkatkan reputasi website anda. Jadi pengunjung juga tak akan ragu untuk melakukan kunjungan pada situs website yang diakses oleh siapapun. Misalnya saja dalam contoh sebuah website toko online telah memiliki SSL yang terinstall dan terhubung dengan Google Cloud Platform. Maka calon pembelipun akan yakin dan merasa aman untuk berbelanja disitus milik anda.

Pasalnya dalam hal ini untuk memakai Google Cloud Platfom ini memang berbayar namun anda bisa melakukannya dengan mudah. Cukup dengan memahami bagaimana tahapan yang harus diperhatikan tersebut. Cobalah ikuti petunjuk iniOkke untuk langkah pertama anda bisa membuka website nya terlebih dahulu yaitu google cloud atau anda bisa meng klik link ini https://cloud.google.com/ setelah anda membuka website langsung ajah klik masuk untuk login  

Selanjutnya masuk kan email yang udah anda daftar ke google cloud paltform dan klik berikutnya. Jika anda belum mempunyai akun google cloud anda bisa cek artikelnya di sini

Masukkan kata sandi atau password yang anda buat dan tekan Berikutnya untuk melanjutkan tahapan login akun.

Setelah anda berhasil login kemudian klik Go to Console

Nah Anda akan melihat aktifitas google cloud platform anda sendiri

Selanjutnya klik sudut kiri yang bergaris tiga dan klik marketplace google cloud platform nya

Dimana situs Google Cloud Platform nantinya akan menjadi situs server yang akan membuat WordPress milik anda terhubung dengan baik. Setelah membuka menu dan memilih marketplace maka berikutnya bisa langsung membuka halaman marketplace yang ada. Kemudian nanti akan tertampil berbagai gambar lainnya seperti ini dan anda harus memilih Blog dan CMS.

Setelah keluar menu nya langsung ajah pilih tampilan WordPress By Bitnami

Selanjut Klik Launch unutk menjalan wordpress di google cloud platform 

Dan klik enable untuk mengaktifkan api wordpress di google cloud paltform

Anda akan diminta untuk mengisi data speak wordpress yang anda ingin gunakan, berikut adalah rincian data yang perlu Anda penuhi, yakni:

  • Kotak nama, isi nama sesuai yang anda ingginkan dengan huruf kecil.
  • Di bagian region, pilih asia-southeast2 (Singapore).
  • Di bagian series, pilih E2.
  • Di bagian Machine Type, pilih e2-medium biar harganya murah dan andi bisa melihat nya seperti gambar di bawah ini
  • Boot Disk nya anda bisa memilih SSD atau HDD dan ukuran boot disk nya bebas mau berapa anda buat 

Setelah anda mengatur speak wordpress nya anda perlu mencentang biru i accept the gcp marketplace terms of service and bitnami terms of service dan klik deploy

Selanjut anda menunggu proses instal wordpress di google cloud platforam anda sendiri

Setelah anda berhasil instal wordprss selanjutnya anda bisa klik login to the admin panel dan anda bisa melihat username dan password wordpress nya seperti gambar di bawah ini

Selanjut anda menuju tampilan wordpress untuk login. masukan username dan password kemudian klik login

Setelah anda login, anda bisa melihat tampilan wordpress

Untuk melihat hasil wordpress anda sendiri langsung ajah klik user s blog

Dan tampilan halaman anda seperti ini. Anda juga mengubah ke domain anda sendiri 

Berikutnya anda akan mengubah ke domain anda sendiri atau menghubungkan domain yang anda beli dengan mengikuti langkah berikut ini :

 
Selanjut anda kembali ke tab google cloud dan klik sudut kiri yang bergaris 3 dan pilih network services dan klik cloud dns

Berikutnya klik CREATE ZONE

Pilih zone nya publik dan masukan zone name dan DNS names domain anda, pilih off dan klik create

Dan anda akan melihat berhasil membuat name server google cloud platform seperti gambar di bawah ini dan add record set 

Masukan TTL 30 dan masukan ip wordpress anda yang buat untuk menghubunkan domain anda dan klik create

Tambahkan lagi add record set dengan mengklik tersebut

Dan masukan Dns Name dengan menambahkan www dengan memilih Resource record dengan type CNAME dan masukan nama domain anda pada kolom Canonical name dan klik Create

Selanjutnya membuka domain yang anda beli dan mengubah name server nya menjadi name server google cloud platform seperti gambar di bawah ini 

Setelah anda mengubah name servernya anda bisa membuka website dengan nama domain anda beli.

Setelah selesai Anda Menghubungkan Domain ke WordPress dengan nama domain anda sendiri atau domain yang anda beli. Berikutnya anda bisa melakukan pengelolaan SSL atau disebut juga dengan Security Socket Layer. Dimana pada saat pengelolaan yang dilakukan ini bisa jadi lebih mudah untuk segala urusan pengamanan data yang dilakukan pada WordPress. Maka dari itu anda perlu dan wajib menggunakan SSL sebagai cara akhir yang dilakukan pada Google Cloud Platform tersebut. 

Selanjut anda kembali ke tab google cloud dan klik sudut kiri yang bergaris 3 dan pilih Compute Engine dan klik VM instances

Klik SSH 

Selanjutnya Klik pengaturan dan klik izinkan pop up untuk console.cloud.google.com

Setelah tampil seperti gambar ini ketik sudo /opt/bitnami/bncert-tool jika belum tampil seperti ini anda bisa melakukan ulang dengan klik SSH dan klik pengaturan serta klik izinkan pop-up  untuk console.cloud.google.com

Selanjutnya ketik nama domain anda yang udah anda beli atau domain anda hubungkan ke wordpress. 

Ketik “Y” untuk mengaktifkan http to https

Ketik “Y” untuk mengaktifk non-www ke www

Ketik “N” untuk mengaktifk www to non-www

Selanjutnya masukan email anda yang terhubung ke google cloud platform 

Ketik “Y” untuk mengikuti peraturan perjanjian Security Socket Layer atau disebut dengan SSL

Jika Anda sudah mengikuti atau mematuhui peraturan maka akan ada bacaan sukses seperti gambar di bawah ini

Setelah sukses mengaktifkan SSL situs wordpress anda akan berubah seperti gambar di bawah ini.

Itulah beberapa hal yang perlu dipahami ketika memahami cara membuat situs WordPress dan SSL menggunakan Google Cloud Platform. Dengan begitu bisa tetap memaksimalkan fungsi cloud yang berguna untuk simpanan data yang lebih besar serta pentingnya SSL yang terinstal tersebut.
Dengan memahami seperti apa cara membuat situs WordPress dan SSL menggunakan Google Cloud Platform maka anda bisa mewujudkan kemudahan dalam pengelolaan. Terutama simpanan data yang tak terbatas, adanya pengamanan data serta bisa tetap terakses dengan aman memakai SSL tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *