Cara Mudah Install Cyberpanel di Google Cloud Platform

Selamat datang di ayomabar.com selalu bantu saya agar berkembang. Pada peluang saat ini, saya akan membahas berkenan Cara Mudah Install Cyberpanel di Google Cloud Platform semoga bisa membantu anda menambahkan wawasan.

Cyberpanel adalah aplikasi atau software yang di rancang untuk keperluan management website hosting, agar kita tidak perlu melakukan configurasi server dengan cara mengedit file configurasi server ulang jika ingin menambahkan sebuah website, Cyberpanel juga bisa di sebut dengan panel website sama halnya seperti cpanel, namun Cyberpanel berbeda dengan cpanel mulai dari fitur dan licensi, kelebihan Cyberpanel adalah open source atau bebas di gunakan dan juga Cyberpanel sudah menggunakan teknologi terbilang lumayan yaitu teknologi webservernya sudah menggunakan Litespeed, dari segi kecepatan dan performance Litespeed lebih unggul di banding nginx dan apache.

Cyberpanel merupakan control panel yang sangat optimal untuk anda yang mengandalkan WordPress sebagai CMS pilihan. karena Cyberpanel menggunakan Website OpenLiteSpeed yang gratis dan kompatibel dengan plugin Litespeed Cache. Sehingga melakukan optimallisasi dapat dilakukan dengan mudah.Feature CyberpanelModul LSCache satu halaman penuh built-in dengan plugin cache untuk CMS populer (WordPress, Joomla, Drupal, MediaWiki, dan banyak lagi ..)

Repositori GIT (Github dan GitLab) ke situs web CyberPanel Anda dan sebarkan kode langsung dari repo Anda melalui GIT webhooks.

CyberPanel dilengkapi dengan penginstal aplikasi satu-klik untuk WordPress (dengan LSCache), Joomla dan Prestashop.Dukungan bawaan untuk ModSecurity, pertahanan realtime terhadap serangan aplikasi web, opsi untuk mengaktifkan aturan Comodo atau OWASP.Gunakan Batas Email untuk menghentikan spam email. Batas email dapat diterapkan pada tingkat domain dan email dengan opsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan log email.SSL sekarang wajib untuk setiap properti online, Anda dapat menggunakannya GRATIS dari Let’s Encrypt untuk situs web, subdomain dan hostname.

Okke untuk langkah pertama anda bisa membuka website nya terlebih dahulu yaitu google cloud atau anda bisa meng klik link ini https://cloud.google.com/ setelah anda membuka website langsung ajah klik masuk untuk login

Masukan Email yang udah Anda daftar di google cloud dan klik Berikutnya.

Dan massukan password atau kata sandi Anda sendiri kemudian klik Berikutnya.

Selanjut klik Go to console.

Nah Anda akan berada di dashboard google cloud.

Klik pada simbol garis-garis kecil di pojok kiri dan pilih menu Compute Engine, lanjutkan dengan melakukan klik pada VM Instance di kotak halaman yang baru.

Selanjutnya Klik CREATE INSTANCE.

Anda akan diminta untuk mengisi data diri, berikut adalah rincian data yang perlu Anda penuhi, yakni:

  • Kotak nama, isi nama sesuai yang anda ingginkan dengan huruf kecil.
  • Kotak nama, isi nama sesuai dengan akun yang Anda miliki.
  • Di bagian region, pilih asia-southeast2 (Singapore).
  • Di bagian series, pilih N2.
  • Di bagian Machine Type, pilih N2-Standart-2.

Selanjut Klik Change untuk memilih sistem operasi yang Anda ingginkan.

Pada ini saya memilih system operasi ubuntu versi ubuntu 18.04 TLs dan boot disk saya  memilih ssd dengan ukuran 20 gb dan klik Select.

Selanjut Anda cukup mencentang biru Allow HTTP traffic dan Allow HTTPS traffic kemudian klik select.

Berikutnya anda tunggu selesai instalisasi VPS di Google Cloud nya.

Klik pada simbol garis-garis kecil di pojok kiri dan pilih menu VPC networdk, lanjutkan dengan melakukan klik pada Firewall.

Selanjut klik CREATE FIREWALL RULE.

Masukan Nama port8090 dan Targets memilih All instances in the network.

Masukan Source IP rangers nya 0.0.0.0/0. Pilih Specified protocols and port dan klik centang biru tcp masukan 8090 kemudian klik CREATE.

Jika sudah berhasil mebuat ports nya selanjutnya kita kembali dengan mengklik pada simbol garis-garis kecil di pojok kiri dan pilih menu Compute Engine, lanjutkan dengan melakukan klik pada VM Instance di kotak halaman yang baru.

Selanjutnya kita install cyberpanel dengan mengklik SSH.

Selanjutnya Klik pengaturan dan klik izinkan pop up untuk console.cloud.google.com.

Setelah tampil seperti gambar ini Ketik sudo su – dan enter jika belum tampil seperti ini anda bisa melakukan ulang dengan klik SSH dan klik pengaturan serta klik izinkan pop-up untuk console.cloud.google.com.

Ketik sh

Ketik angka 1 dan enter.

Ketik angka 1 dan enter.

Silahkan anda Ketik Y dan tekan enter jika Cyberpanel yang di install include dengan PowerDNS, Postfix dan Pure-FTPd.

Silahkan anda Pilih default dengan menekan enter untuk tidak aktifkan MySQL.

Anda dapat memilih versi Cyberpanel yang akan di install, namun jika
ingin menggunakan versi terbarunya silahkan langsung Tekan Enter.

Ketik s untuk membuat password Cyberpanel anda sendiri.

Dan masukan password anda dan masukan lagi password anda seperti pertama.

Silahkan anda Ketik Y dan enter jika membutuhkan Memcached. Ketik Y dan enter.

Silahkan anda Ketik Y dan enter jika membutuhkan Redis. Ketik Y dan enter.

Pada step ini kami memilih default dikarenakan fitur watchdog yang disediakan masih beta dan belum sempurna, namun jika anda ingin mencoba bisa menginstall fitur ini dan dapat di nonaktifkan kapan saja dengan dengan menjalankan perintah run watchdog kill.

Selanjutnya, silahkan tunggu beberapa saat hingga proses instalasi selesai. pada proses ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama, jadi pastikan server yang digunakan memiliki akses internet yang cepat agar proses download source tidak terkendala. 

Setelah selesai instalisasi cyberpanel anda bisa melihat halaman informasi login menuju ke panel dan anda bisa langsung mengklik tanpa harus mengetik nya lagi. Menggunakan ip dan port untuk login menggunakan username dan password anda buat sendiri.

Setelah anda membuka panel nya,anda bisa memasukan username dan password anda buat dan klik Sign in.

Jika berhasil login, maka tampilan dashboard Cyberpanel akan seperti gambar dibawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *