Cara Membuat VPS Gratis di Google Cloud Platform

Selamat datang di ayomabar.com selalu dukung saya agar berkembang. Pada kesempatan saat ini, saya akan membahas berkenan Cara Membuat VPS Gratis di Google Cloud Platform semoga bisa membantu kamu menambahkan wawasan.

Virtual Private Server (VPS) adalah server pribadi yang keseluruhan resource-nya hanya digunakan oleh satu pengguna saja dan tidak dipengaruhi oleh pengguna lain. Pengguna dapat mengelola secara penuh semua konfigurasi dan resource yang ada pada VPS dan melakukan apa pun yang diinginkan.

Teknologi yang digunakan VPS adalah virtualisasi hardware server fisik yang kemudian dibagi menjadi beberapa resource berbeda. Disebut virtual karena pembagian ini dilakukan dengan menggunakan software sehingga dalam satu server fisik bisa terdapat beberapa VPS yang dijalankan.

Keunggulan dari Google Cloud Platform selanjutnya yaitu data terpusat. Dengan adanya data terpusat, layanan bisa memiliki skala yang lebih besar. Disamping itu, Google Cloud Platform juga mampu menghemat biaya. Keunggulan yang satu ini akan sangat bermanfaat bagi anda yang memikirkan investasi jangka panjang. Penggunaan Google Cloud Platform terbukti mampu menekan biaya pembangunan infrastruktur system yang memang dibutuhkan dalam membangun aplikasi bisnis.

Google Cloud Platform menawarkan beragam layanan yang bisa dimanfaatkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Adapun salah satu hal yang bisa dilakukan dengan bantuan Google Cloud Platform yaitu membuat server. Dimana server yang dimaksud berupa VPS (Virtual Private Server). Pada kesempatan kali ini, kami akan bagikan tutorial membuat server sendiri dengan Google Cloud Platform selengkapnya untuk anda. Pastikan anda tak melewatkan tutorial yang satu ini.

Okke untuk langkah pertama anda bisa membuka website nya terlebih dahulu yaitu google cloud atau anda bisa meng klik link ini https://cloud.google.com/ setelah anda membuka website langsung ajah klik masuk untuk login

Masukan Email yang udah Anda daftar di google cloud dan klik Berikutnya.

Dan massukan password atau kata sandi Anda sendiri kemudian klik Berikutnya.

Selanjut klik Go to console.

Klik pada simbol garis-garis kecil di pojok kiri dan pilih menu Compute Engine, lanjutkan dengan melakukan klik pada VM Instance di kotak halaman yang baru.

Klik pada simbol garis-garis kecil di pojok kiri dan pilih menu Compute Engine, lanjutkan dengan melakukan klik pada VM Instance di kotak halaman yang baru.

Selanjutnya Klik CREATE INSTANCE.

Anda akan diminta untuk mengisi data diri, berikut adalah rincian data yang perlu Anda penuhi, yakni:

  • Kotak nama, isi nama sesuai yang anda ingginkan dengan huruf kecil.
  • Kotak nama, isi nama sesuai dengan akun yang Anda miliki.
  • Di bagian region, pilih asia-southeast1 (Singapore).
  • Di bagian series, pilih E2.
  • Di bagian Machine Type, pilih E2-Medium. 
Selanjut Klik Change untuk memilih sistem operasi yang Anda ingginkan.

Pada ini saya memilih system operasi ubuntu versi ubuntu 18.04 TLs dan boot disk saya memilih HDD dengan ukuran 20 gb dan klik Select.

Selanjut Anda cukup mencentang biru Allow HTTP traffic dan Allow HTTPS traffic kemudian klik select.

Berikutnya anda tunggu selesai instalisasi VPS di Google Cloud nya.

Nah setelah selesai instalisasi VPS Google Cloud nya akan seperti gambar di bawah ini

Untuk Selanjunya Anda Klik SSH

Selanjutnya Klik pengaturan dan klik izinkan pop up untuk console.cloud.google.com.

Setelah tampil seperti gambar ini Ketik sudo su dan enter jika belum tampil seperti ini anda bisa melakukan ulang dengan klik SSH dan klik pengaturan serta klik izinkan pop-up untuk console.cloud.google.com.

Ketik apt-get install apache2 dan tekan enter

Ketik Y dan tekan enter untuk mengaktifkan Apache 2

Setelah berhasil instal apache selanjutnya kita klik langsung untuk mecek berhasil nya instal tersebur

Hilang Https menjadi Http untuk mengaftikan apache yang di instal 

Nah jika gambar seperti di bawah ini berati anda berhasil mengisntal vps dengan menggunakan apache2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *